You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pekon Balak

Kec. Batu Brak, Kab. Lampung Barat, Prov. Lampung
Info

Sejarah Desa


Sejarah Desa

Pekon Balak adalah sebuah pekon (kampung) yang terletak di Kecamatan Batu Brak, Lampung BaratKabupaten Lampung Barat, provinsi Lampung. Penduduknya berjumlah 1.045 jiwa (2003).

Pekon Balak merupakan pemekaran dari Kecamatan Belalau, merupakan pusat pemerintahan kecamatan. Pekon Balak berada dalam kebuayan (marga) Buay Pernong yang merupakan bagian dari paksi Pak Sekala Brak yang terdiri dari empat kebuayan, yaitu Buay Belunguh, Pernong, Lapah Diway dan Nyerupa.

Kebudayaan masyarakat Pekon Balak yang merupakan bagian dari paksi pak sekala brak adalah tradisi dan budaya lampung Saibatin. Setiap tahunnya pada bulan Syawal setelah Idul Fitri diadakan festival sekura (festival topeng) yang merupakan ungkapan kegembiraan untuk merayakan hari kemenangan, tradisi yang juga berkembang pada setiap menjelang Lebaran adalah ngelemang yaitu membakar lemang ada bambu sebagai sajian bagi para tetamu dan sanak keluarga yang bersilaturrahmi. Kesenian yang berkembang pada masyarakat Pekon Balak adalah segata, nyambai, hehiwang, dsb.

Desa Pekon Balak dimekarkan beberapa jumlah dusun sebanyak 6 Pemangku, yaitu :

1. Pemangku 1

2. Pemangku 2

3. Pemangku 3

4. Pemangku 4

5. Pemangku 5

6. Pemangku 6

Demikian selanyang pandang atau sejarah singkat Desa Pekon Balak yang dapat kami sampaikan kepada para pegiat Medsos, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

 

Bagikan artikel ini: